Selasa, 20 Agustus 2019

Sejarah Tari Glipang

Contoh gambar Tari Glipang

   Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, Tari Glipang ini pertama kali diciptakan oleh Seno Truno, seorang pemuda pendatang dari Madura yang tinggal di desa Pendil, kabupaten Probolinggo. Seno Truno awalnya merupakan seorang mandor penebang tebu di pabrik gula milik kolonial Belanda di Probolinggo. Karena sikap kolonial Belanda yang sewenang – wenang membuat Seno Truno memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya. Kemudian dia menciptakan sebuah tarian sebagai wujud perlawanan kepada penjajah Belanda. 

   Pertama kali tarian itu diperkenalkan ternyata kurang mendapat sambutan baik dari masyarakat Pendil, yang merupakan masyarakat muslim taat dan menganggap musik gamelan sebagai larangan disana. Dengan keadaan sosial yang seperti itu membuat Seno Truno memasukan beberapa unsur budaya Islam dalam tariannya. Hal ini lah yang kemudian membuat masyarakat menerima kesenian ini dan berkembang sebagai tradisi disana. Nama Tari Glipang sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu “Gholiban” yang berarti suatu kebiasaan. Tari Glipang sendiri merupakan kesenian yang menjadi kebiasaan turun temurun masyarakat, hingga akhirnya menjadi suatu tradisi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari Saman

    Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Suku Gayo. Tarian Saman biasanya di tampilkan untuk memperingati hari-hari penting adat masya...