Selasa, 20 Agustus 2019

Tari Suwar Suwir

 Tari Suwar Suwir juga merupakan tarian yang berasal dari Jember, Jawa Timur. Tarian ini menggambarkan kegembiraan, yang diadopsi dari rasa makanan, yakni manis, legit dan sedikit asam.Suwar suwir sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tape atau fermentasi dari singkong.

  Makanan ini memiliki tampilan yang berwarna-warni. Sekilas makanan ini hampir mirip dengan dodol, namun memiliki rasa dan tekstur yang sedikit berbeda. Proses pengolahan suwar suwir juga hampir sama dengan dodol maupun jenang. Hanya saja rasa asli tape sangat terasa sehingga memberikan cita rasa yang sangat khas.Suwar suwir ini juga dibuat dengan rasa yang bervariasi seperti rasa sirsak, stroberi, pandan, coklat dan lain-lain.Di Jember, makanan ini merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal. Terdapat banyak industri rumahan yang memproduksi makanan ini. Sehingga tidak mengherankan suwar suwir dapat menginspirasi seniman Jember untuk menciptakan tarian Gebyar Suwar Suwir.


Contoh gambar Tari Suwar Suwir



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari Saman

    Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Suku Gayo. Tarian Saman biasanya di tampilkan untuk memperingati hari-hari penting adat masya...