Selasa, 06 Agustus 2019

Tari Batik Pace

  Tari Batik Pace adalah tarian yang terinspirasi dari pendiri Kota Pacitan yang dalam perjuangannya suka minum sari buah pace (mengkudu) yang banyak tumbuh di kawasan Pacitan. Secara koreografi tarian batik pace menggambarkan kegiatan membatik, mulai dari menuang lilin ke canting diatas permukaan kain. Gerakan mewarnai dengan mencelup dan gerakan menjemur atau mengeringkan kain.

  Tari Batik Pace diciptakan oleh Anang, pendiri Sanggar Blarak Pacitan. Tari ini mengakomodasi sejarah buah pace dan kebutuhan memperkenalkan karya khas berupa batik Pace. Menurut Anang tarian Batik Pace merupakan tari kontemporer, dengan mengadopsi gerakan tari yang indah.

   Pemberian nama Batik Pace sendiri karena dahulu Pacitan mempunyai riwayat sebagai daerah yang banyak ditumbuhi tanaman pace (mengkudu). Mitos yang menyebar di masyarakat, pendiri Pacitan dalam perjuangannya meminum sari buah pace kemudian menjadi kuat. Cerita tersebut tertulis di kitab Babad Ing Pacitan, sehingga sebagian masyarakat Pacitan percaya bahwa nama Pacitan berasal dari kalimat pace sak pengetan, bermakna tempat buah pace.

Contoh gambar Tari Batik Pace




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari Saman

    Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Suku Gayo. Tarian Saman biasanya di tampilkan untuk memperingati hari-hari penting adat masya...