Selasa, 06 Agustus 2019

Tari Ambarang

  Tari Ambarang adalah salah satu tarian yang berasal dari Tulungagung Jawa Timur yang menceritakan para pengamen jaranan. Seni tarian Ambarang terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah jaranan serentewe, jaranan campursari, jaranan pegon dan jaranan Jawa. Dalam tari Ambarang ini, seni jaranan serentewe diambil sebagai landasannya. Jaranan jenis tersebut memiliki khas gerakan yang lebih agresif. 

  Tarian ini dalam prakteknya mencoba menceritakan tentang pengamen jaranan di Tulungagung. Oleh karena Jaranan Sentherewe adalah seni jaranan yang sebelumnya paling diminati, tari ini pun melandaskan geraknya pada kesenian tersebut. Sehingga, Tari Ambarang cukup khas dengan gerakan yang dinamis, luwes, berenergi dan cenderung agresif seperti halnya sajian gerak pada Jaranan Sentherewe.

  Selain itu, tarian ini juga dikombinasikan dengan sajian gerak tari tradisional Jawa Timur lainnya. Sebagai misal adalah gerak tari pentul sebagai tarian topeng khas Jawa Timur, sementara dilengkapi juga dengan gerak tari Barongan yang digambarkan dengan perang barong. Oleh karena menyajikan tiga varian tari dalam pertunjukannya, tata busananya dibagi menjadi tiga kelompok, penari Pentul, Jaranan dan Barongan. 

  Penari Pentul yang umumnya perempuan menggunakan kebaya berwarna cerah lengkap dengan selendang putih. Untuk beberapa keadaan, penari Pentul juga menggunakan instrumen pelengkap berupa topeng. Untuk penari barongan dan jaranan, kostumnya hampir sama. Sebagai pembeda adalah properti yang digunakannya, jaranan dilengkapi kula lumping, sementara barongan menggunakan topeng.

   Jaranan Senterewe cukup melekat dalam penyajian Tari Ambarang, tidak terkecuali musik pengiringnya. Mengkombinasikan beberapa instrumen termasuk pelok salendro, perkusi, dan musik Reog Kendang Tulungagung yang dikolaborasikan dengan alat musik modern. Selain musik, iringan tari ini juga termasuk tembang-tembang Jawa yang biasanya dibawakan oleh sindhen perempuan.

Contoh gambar Tari Ambarang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari Saman

    Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Suku Gayo. Tarian Saman biasanya di tampilkan untuk memperingati hari-hari penting adat masya...