Jumat, 30 Agustus 2019

Tari Sirih Kuning

   Tari Sirih Kuning adalah tarian tradisional yang berasal dari Betawi DKI Jakarta. Tarian ini yang sering ditampilan pada acara tertentu. Tari Sirih Kuning ini dapat dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tari Sirih Kuning merupakan pengembangan dari Tari Cokek, sebuah tarianpergaulan di Betawi sejak dulu. Biasanya Tari Sirih Kuning ditampilkan untuk mengiringi pengantin Betawi saat memasuki proses penyerahan Sirih Dare oleh mempelai laki-laki kepada pengantin perempuan.

Selain itu, tarian ini juga digunakan sebagai tari penyambutan tamu maupun hiburan saat merayakan sesuatu.

   Walaupun namanya memiliki unsur warna “kuning”, tetapi kostum tarian ini bisa beragam, mulai dari merah, hijau, dan juga kuning. Sekarang pun sudah banyak variasi kostum untuk tarian ini.

  Para penari akan menggunakan bunga sebagai hiasan kepala yang merupakan lambang kebahagiaan, kemakmuran, dan kedewasaan seorang perempuan. Jika diperhatikan, begitu kental unsur budaya Tionghoa dalam kostum tarian ini, terutama dari hiasan kepala. Kadang juga menggunakan cadar yang menjadi simbol menutupi dan melindungi wajah cantik.

  Penari juga menggunakan selendang sebagai alat untuk mengajak penonton menari bersama. Penari juga menggunakan kain betawi dengan motif tanduk atau zig-zig sebagai ciri khasnya atau menggunakan celana yang warnanya senada dengan baju.

Contoh gambar Tari Sirih Kuning

Tarian Betawi ini merupakan pengembangan dari Tari Cokek yang merupakan tarian pergaulan di Betawi sejak dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari Saman

    Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Suku Gayo. Tarian Saman biasanya di tampilkan untuk memperingati hari-hari penting adat masya...