Jumat, 30 Agustus 2019

Tari Angguk

   Tari Angguk adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Tarian ini ditarikan oleh beberapa penari berpakaian serdadu. Tarian ini dinamakan Tari Angguk karena gerakan menarinya yang sering menganggukan kepala. Tari Angguk ini merupakan salah satu tarian tradisional yang populer di Yogyakarta, khususnya di Kulon Progo.

   Tari Angguk ini hampir sama dengan Tari Dolalak dari Purworejo, keseamaan ini terlihat beberapa unsur seperti kostum dan penyajian dalam pertunjukannya. Hal ini mungkin dikarenakan daerahnya yang berdekatan, sehingga mempengaruhi kesamaan kesenian dan budayanya. Walaupun banyak kesamaan namun Tari Angguk ini memiliki ciri khas tersendiri, terutama pada gerakan tarinya.

  Tari Angguk dibagi menjadi dua jenis, yaitu Tari Ambyakan dan Tari Pasangan. Tari ambyakan merupakan Tari Angguk yang di mainkan oleh banyak penari. Dalam pertunjukannya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Tari bakti, Tari srokal dan Tari penutup. Lalu Tari pasangan sendiri merupakan tarian yang dimainkan secara berpasangan. Dalam pertunjukannya terbagi menjadi delapan bagian, yaitu Tari mandaroka, Tari kamudaan, Tari cikalo ado, Tari layung-layung, Tari intik-intik, Tari saya-cari, Tari jalan-jalan, dan Tari robisari.

Contoh gambar Tari Angguk 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari Saman

    Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Suku Gayo. Tarian Saman biasanya di tampilkan untuk memperingati hari-hari penting adat masya...